Sabtu, 07 Desember 2013



Sambut Musim Hujan: SMPN 6 Negara Canangkan School Forest

Menyambut musim hujan, SMPN 6 Negara mencanangkan sebuah gerakan “School Forest”. Sebuah gerakan penghijauan untuk menata halaman sekolah yang masih gersang. Sekolah yang baru berusia 3 tahun ini mulai berbenah diri dengan menata halaman sekolah. Lahan yang merupakan lahan banjir ini disulap menjadi sebuah halaman sekolah yang representatif untuk proses belajar dan bermain peserta didik.  Itulah tujuan dari program “School Forest”.
Kegiatan ini diawali dengan membuat lubang-lubang tanam sesuai dengan cetak biru perencanaan sekolah. Pembuatan lubang-lubang tanam ini melibatkan seluruh warga sekolah. Tahap selanjutnya yaitu penimbunan tanah subur dan tanaman yang bermanfaat seperti tanaman hias dan toga. Menurut Humas SMPN 6 Negara, I Gde Joni Iin Wahyudi, dikatakan bahwa program ini selain untuk
menghijaukan halaman sekolah, juga untuk mengenalkan anak-anak akan keberadaan tanaman hias dan toga. Program ini juga dirangkaikan dengan program Jum’at Sehat. Jadi setiap hari Jum’at warga sekolah melakukan senam pagi dilanjutkan dengan penanaman pohon pada lubang-lubang tanam. Keika tahap penanaman telah selesai baru dilanjutkan dengan pembuatan taman dan kolam. Menagapa dinamakan School Forest? Karena nanti memang ada sebagaian lahan untuk dijadikan sebagai kawasan hutan sekolah yang nantinya sebagai laboratorium tanaman untuk menunjang pembelajaran IPA. Pada bagian-bagian halaman sekolah yang merupakan bekas aliran air hujan, kami menyulapnya menjadi kolam yang nantinya dapat juga dijadikan sebagai proses belajar peserta didik.
Untuk sementara, halaman sekolah memang sudah mulai berubah, sejauh mata memandang sudah terlihat mulai asri. Rumput dan tanaman yang menghijau menjadikan udara di lingkungan sekolah mulai terasa sejuk dan segar. Papan nama tanaman juga sedang dibuat oleh beberapa siswa dan mulai dipasang, demikian juga mengenai kalimat-kalimat yang mendukung penghijauan ini seperti, Siramlah Daku!, Berilah Aku Air!, turut juga meramaikan kawasan hutan sekolah.
Hal lain yang dapat menjadi harapan dari program ini, kita sebagai warga sekolah juga turut berperan serta untuk mengurangi efek dari pemanasan global yang sudah menghantui dunia.(*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar