Rabu, 16 Oktober 2013

Meriahkan Bulan Bahasa: SMPN 6 Negara Undang Komunitas Kertas Budaya




Bulan Oktober ini, SMPN 6 Negara kembali menggeber kegiatan kesiswaannya. Pada bulan bahasa kali ini, dengan mengambil tema “Pembentukan Karakter Siswa Melalui Sastra dan Seni” SMPN 6 Negara mengundang Komunitas Kertas Budaya untuk melakukan pementasan baca dan musikalisasi puisi yang berkolaborasi dengan siswa-siswa SMPN 6 Negara. Komunitas Kertas Budaya merupakan sebuah komunitas yang terdiri dari seniman-seniman muda yang menaruh perhatian terhadap perkembangan seni dan satra di dunia pendidikan yang dimotori oleh Nanoq da Kansas. Mereka begitu antusias terhadap perkembangan dunia seni dan satra di sekolah sehingga mereka sering melakukankegiatan yang berhubungan dengan siswa di sekolah lingkungan Kabupaten Jembrana.
Kegiatan serupa juga dilakukan pada hari Sabtu, 12 Oktober 2013, SMPN 6 Negara mengundang Komunitas kertas Budaya untuk mementaskan pembacaan dan musikalisasi puisi. Kegiatan ini begitu penting bagi perlembangan sastra dan seni sekolah. Melalui pementasan ini peserta didik akan dapat inspirasi dan contoh nyata bagaimana pembacaan dan musikalisasi puisi. Jadi peserta didik tidak perlu jauh-jauh mencari contoh. Contoh-contoh itu sudah ada di sekitar lingkungan kita, kita bisa bertemu dan berdiskusi dengan seniman-seniman muda yang berkualitas yang tergabung dalam Komunitas Kertas Budaya, ungkap I Gede Joni Iin Wahyudi, Waka Humas SMPN 6 Negara yang pada kesempatan itu menyambut kedatangan Komunitas Kertas Budaya.
Pementasan ini mempertunjukkan baca puisi dan musikalisasi puisi. Puisi yang ditampilkan sebagian besar merupakan karya seniman muda dari bumi mekepung, Nanoq da Kansas. Pementasan ini juga diramaikan dengan penampilan seniman muda Yuliani dan Elang (seorang anak berusia 5 tahun) yang tampil membacakan Puisi Karawang Bekasi yang berkolaborasi dengan siswa SMPN 6 Negara. Koordinator Komunitas Kertas Budaya, Nanoq da Kansas memberikan apresiasi positif terhadap kegiatan ini dan sambutan hangat siswa-siswa SMPN 6 Negara. Anak-anak SMPN 6 Negarasudah berani tampil dan mereka sudah memiliki potensi alami yang jika dikembangkan akan menjadikan mereka talenta-talenta yang berbakat di dunia seni dan sastra, imbuh beliau.(*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar