Rabu, 04 Februari 2015

SERIBU TAHUN LAGI UNTUK CINTA




Cipta dan Baca Puisi merupakan kegiatan yang mulai jarang dilaksanakan oleh lembaga pendidikan. Pembelajaran Bahasa dan Sastra juga sedikit sekali mengenalkan kegiatan cipta  dan baca puisi. Kegiatan ini juga merupakan bentuk apresiasi karya sastra yang teramat sederhana sehingga layak untuk dilaksanakan di lembaga pendidikan yaitu sekolah.
Bagaimana membuatnya menarik? Itu yang menjadi persoalan bagi kita semua. Memanfaatkan momentum yang tepat untuk kegiatan yang bermanfaat tentunya menjadi tantangan bagi kita semua. Perpustakaan SMPN 6 Negara dan OSIS yang merupakan wadah aktivitas siwa melihat momentum perayaan hari kasih sayang se-dunia yaitu Valentine day dapat dijadikan momentum yang tepat untuk mengenalkan sastra yang sederhana yaitu puisi.
Momentum ini dianggap tepat karena begitu populer di kalangan remaja dan dijadikan moment-moment spesial bagi mereka. Berpijak pada kondisi nyata tersebut maka perpustakaan dan OSIS SMPN 6 Negara menyelenggarakan kegiatan sastra yang kreatif yaitu Lomba Cipta dan Baca Puisi Cinta 2015. Lomba Cipta dan Baca Puisi Cinta ini akan diselenggarakan sehari sebelum hari Kasih Sayang yaitu, Jum’at 13 Pebruari 2015.
Ketua Panitia Pelaksana sekaligus Kepala Perpustakaan SMPN 6 Negara, I Komang Bentar Ariadi, S.Pd mengatakan bahwa ini program salah satu gebrakan yang dibuat oleh perpustakaan sekolah sebagai sebuah lembaga yang berperan dalam menjaga tradisi keaksaraan di sekolah. Untuk itulah pada hari yang dinanti nati oleh kebanyakan remaja yaitu Hari Valentine kami isi dengan kegiatan yang lebih bermanfaat dan menantang ini.
Kegiatan yang mengambil tema  Seribu Tahun Lagi Untuk Cinta ini akan menghadirkan beberapa puisi yang ditulis oleh penulis lokal dan nasional seperti Nanoq da Kansas (Embun, Kemarau dan Bunga-bunga), AG. Pramono (Kusebut Saja Namamu), WS Rendra (Kangen), Sapardi Djoko Damono (Hujan Bulan Juni). Kegiatan ini juga diramaikan oleh sastrawan asal Jembrana yang sekaligus sebagai penulis dan ketua dean juri pada kegiatan ini yaitu AG. Pramono.
Bagi seluruh keluarga besar SMPN 6 Negara diharapkan partisipasinya dalam kegiatan Lomba Cipta dan Baca Puisi Cinta yang menggandeng sponsor tunggal Indosat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar